7 Tips Menghemat Biaya Premi Asuransi Mobil

Kamu bisa saja sudah mengerti pentingnya punyai asuransi mobil, namun sudah tahukah berapa biaya premi asuransi mobil yang ideal dan tidak memberatkan keuangan?

Sekalipun tarif premi asuransi mobil pada tiap perusahaan asuransi bervariasi, namun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah mengaturnya didalam Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017.

Sebelumnya, seperti yang kami tahu, tersedia dua type pertanggungan asuransi mobil, yaitu asuransi mobil all risk atau komprehensif dan asuransi total loss only.

Asuransi mobil komprehensif merupakan asuransi yang memberi tambahan tukar rugi atas kerugian lebih dari satu atau total pada mobil, seperti benturan, kecelakaan, sampai pencurian.

Sedangkan asuransi mobil total loss only merupakan dukungan pada risiko kerusakan yang senilai lebih berasal dari 75 % harga mobil atau dikala mobil sudah tidak bisa digunakan.

Trik menghemat biaya premi asuransi mobil


Meski perusahaan asuransi sudah mengambil keputusan tarif premi, namun anda selalu bisa menghemat biaya premi. Mau mengerti caranya? Cek triknya di bawah ini. 


1. Berkendara bersama baik dan hati-hati


Tarif premi asuransi kendaraan bisa melejit terkecuali pengendara memilki catatan kepolisian yang buruk. Misalnya, sebagai pengemudi, anda langganan kena tilang sebab tidak kenakan sabuk pengaman atau apalagi dulu terlibat masalah hukum sebab menabrak kendaraan lain.

Kondisi ini bisa jadi indikator bahwa anda adalah pengendara bersama risiko yang tinggi. Perusahaan asuransi biasanya mengenakan tarif premi sesuai bersama potensi risiko. Oleh sebab itu, jangan heran terkecuali tarif premi asuransi yang dikenakan jadi melambung.


2. Gunakan kegunaan jaminan seperlunya

Apakah semakin banyak dukungan asuransi yang diberikan, semakin baik? Semakin mahal  sudah pasti, namun semakin baik belum tentu. Sebab, tak semua dukungan sesungguhnya diperlukan.

Misalnya, terkecuali anda tinggal di kota yang tidak dulu mengalami kebanjiran selama lima sampai sepuluh tahun terakhir, maka tak wajib memberi tambahan jaminan perluasan banjir. Dengan begitu anda bisa menghemat Rp 150-200 ribu per tahun.


3. Gunakan satu perusahaan asuransi

Selain asuransi mobil, anda pun wajib punyai dukungan asuransi lainnya, seperti asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Menggunakan lebih dari satu produk asuransi berasal dari satu perusahaan asuransi yang serupa membuatmu berkesempatan mendapatkan potongan harga atau keringanan premi.

Diskon premi terhitung bisa anda dapatkan terkecuali mengasuransikan lebih berasal dari satu kendaraan pada produk asuransi yang sama. 


4. Meningkatkan biaya deductible

Biaya deductible atau kerap terhitung disebut sebagai biaya own risk merupakan biaya yang wajib dibayar pemilik polis asuransi saat mengajukan klaim. Misalnya, terkecuali anda mengidamkan klaim tukar rugi sebab kecelakaan, anda wajib membayar biaya deductible sebesar Rp 300 ribu.

Besaran biaya ini begitu banyak ragam terkait kepada biaya premi yang dibayarkan. Semakin tinggi biaya premi yang dibayar, biaya deductible yang ditanggung jadi semakin rendah. Begitu pula sebaliknya.

Dengan begitu, anda bisa meminta tarif premi yang lebih rendah, bersama risiko biaya deductible yang ditanggung jadi lebih besar. 


5. Mintalah disc. sampai 25 persen

Selain penetapan tarif premi, didalam aturan yang serupa OJK terhitung mengatur penetapan biaya akuisisi berupa disc. kepada agen asuransi maupun pemegang polis. Dalam aturan tersebut, OJK memperkenankan perusahaan asuransi memberi tambahan disc. sampai 25 persen.

Dengan kata lain, anda bisa saja menegosiasikan potongan tarif premi sampai 25 % berasal dari yang ditawarkan.
premi asuransi mobil

 
6. jauhi pemanfaatan accessories mobil yang tidak penting


Penambahan accessories mobil non standard, seperti sound system atau velg racing bisa meningkatkan tarif premi. Sebab, pertanggungan yang diberikan bakal bertambah. Oleh sebab itu, memperhitungkan biaya asuransi saat mengidamkan mengfungsikan tambahan aksesori.

Meski begitu, anda selalu bisa pilih untuk tidak memberi tambahan dukungan pada accessories tambahan. Dengan catatan, terkecuali terjadi risiko yang membuat rusak atau hilangnya accessories terkait, maka risiko berikut anda tanggung seluruhnya sendiri.

Jangan lupa juga, terkecuali mengidamkan memberi tambahan aksesori, lapor kepada perusahaan asuransi sehingga tidak menggugurkan klaim asuransi. 


7. Bandingkan premi berasal dari beragam provider asuransi

Untuk mendapatkan asuransi mobil bersama harga terbaik, bandingkanlah produk asuransi berasal dari beragam perusahaan asuransi yang tersedia di Indonesia. Untungnya, zaman saat ini anda tak wajib berkunjung ke satu per satu agen asuransi ataupun mengumpulkan brosur berasal dari beragam perusahaan asuransi demi melakukan perbandingan.

Cukup kunjungi website pembanding produk keuangan, seperti GoBear Indonesia. Melalui website GoBear Indonesia, anda terhitung bisa mendapatkan penawaran asuransi terbaik yang sesuai bersama keperluan dan situasi keuangan.

Cobalah ketujuh cara di atas untuk menghimpit bujet asuransi kendaraanmu. Namun, jangan cuma berpatokan kepada biaya premi. Pertimbangkan pula kredibilitas dan juga rekam jejak perusahaan asuransi yang hendak dipilih. Pastikan perusahaan asuransi sudah terdaftar dan berada di bawah pengawasan OJK.

Selain itu, jangan pula membiarkan dukungan yang dibutuhkan demi menghemat tarif premi asuransi. Ingat, bahwa pemanfaatan asuransi mobil adalah keliru satu trick untuk mengamankan situasi finansial. Kalau menghemat namun ujung-ujungnya tekor, ya serupa saja bohong.

Apakah Artikel Bermanfaat ??
Beri Rating
5
4
3
2
1

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter