Tips Menghindari Penolakan Klaim Ansuransi Mobil

 Klaim asuransi mobil tidak diterima harusnya jadi cerita lama yang tak terulang kembali.

Perusahaan asuransi kebanyakan menerapkan prosedur yang ketat dalam soal klaim. Karena itu, kami tak mampu asal-asalan mengajukan keinginan klaim asuransi mobil.

Tips Menghindari Penolakan Klaim Ansuransi Mobil

Tapi faktanya, tetap banyak klaim asuransi mobil tidak diterima sebab pemiliknya tak mengacuhkan syarat dan ketentuan yang berlaku. Lantaran jadi udah membayar premi, banyak dari kami yang berpikiran enteng prosedur klaim asuransi mobil ini. Padahal dalam polis udah tercantum langkah mengajukan klaim asuransi lengkap bersama syarat-syaratnya.

Misalnya ke bengkel pernah baru lapor ke pihak asuransi. Hal ini tidak dibenarkan, khususnya terkecuali kenakan bengkel yang tidak dalam jaringan asuransi.

Untuk menghambat klaim asuransi mobil milikmu ditolak, liat tips selanjutnya ini.

Tips Menghindari Penolakan Klaim Ansuransi Mobil


1. Laporkan segera


Perusahaan asuransi mematok batas saat pelaporan klaim. Jika klaim masuk melalui periode itu, jangan harap laporan diproses. Karena itu, usahakan hal pertama yang dikerjakan setelah berjalan insiden adalah melaporkannya.


2. Lewat saluran resmi

Meski kamu udah kenal bersama sales atau pegawai asuransi terkait, laporan selalu wajib melalui saluran resmi. Bukan via WhatsApp atau telpon ke kenalan itu. Laporan mampu disampaikan melalui telpon ke kantor atau email resmi, bergantung kebijakan perusahaan tersebut.


3. Sertakan dokumen lengkap


Cek polis, dokumen apa saja yang wajib disertakan dalam klaim. Selain itu, memperhatikan apakah dokumen itu wajib asli atau cuma wajib salinannya. Bila dokumen tak lengkap, klaim asuransi mobil tak mampu diproses.


4. Perlu surat kepolisian atau tidak

Beberapa model klaim membutuhkan surat info dari kepolisian. Misalnya rusaknya akibat kecelakaan dan kehilangan mobil. Surat ini jadi bukti penguat terjadinya insiden untuk dimintakan klaim.


5. Pastikan lokasi di-cover

Ketika berjalan insiden di luar lokasi domisili, cek pernah ke perusahaan asuransi apakah mampu dikerjakan klaim di daerah setempat. Biasanya klaim mampu dikerjakan di kota-kota besar.


6. Beri paham seumpama ada aksesoris tambahan

Premi mobil standar dan yang menggunakan aksesoris tambahan kebanyakan berbeda. Ada tambahan cost pula untuk aksesori, seumpama bumper atau rear wing. Bila tak ada pemberitahuan, klaim atas rusaknya terhadap aksesoris tentu ditolak.


7. Insiden tidak juga pengecualian

Dalam polis, ada daftar pengecualian insiden yang tak mampu dimintakan klaim asuransi. Contohnya mobil dikemudikan tanpa surat izin mengemudi. Atau mobil terlibat kecelakaan dikala melanggar keputusan lalu lintas. Memaksa berharap klaim atas insiden semacam itu cuma bakal berbuah penolakan.


8.  Dokumentasikan keadaan mobil


Kadang diperlukan bukti tambahan berwujud foto mobil sebelum akan dan setelah terjadinya kerusakan. Untuk mengantisipasi, fotolah mobil saat belum diasuransikan. Saat berjalan insiden, foto juga keadaan mobil itu sebagai perbandingan.


9. Pastikan polis aktif

Polis mampu jadi tidak aktif sebab dua hal, yaitu mengalami lapse atau dalam jaman tunggu. Polis lapse terkecuali premi tak kunjung dilunasi. Sedangkan jaman menunggu kebanyakan sepanjang sebulan setelah penandatanganan polis. Bila insiden berjalan dalam jaman tunggu, coba konsultasikan pernah ke pihak asuransi untuk dicarikan solusi.

Kunci utama untuk menghambat klaim asuransi mobil tidak diterima adalah membaca bersama cermat polis asuransi tersebut. Di situ harusnya udah tercantum hak dan kewajiban kedua belah pihak, juga soal prosedur klaim.

Kasusnya tidak sama terkecuali mendapati pihak asuransi yang nakal. Sudah mencukupi prosedur, tetapi klaim selalu ditolak. Untuk mengantisipasi hal layaknya ini, wajib hati-hati sebelum akan membeli polis asuransi mobil. Pengalaman orang lain bersama pihak asuransi selanjutnya mampu dijadikan bahan pertimbangan sebelum akan membayar premi.

Jangan lupa juga untuk membandingkan fasilitas asuransi mobil terbaik yang ditawarkan. Ketika bersua bersama agen atau sales asuransi itu, menggunakan bersama menanyakan semua hal, khususnya yang perihal bersama prosedur klaim asuransi.

Tak wajib sungkan menampik dikala mendapat jawaban yang tak tepat di hati. Asuransi adalah fasilitas win-win solution, baik bagi penyedia maupun pengguna asuransi. Harus ada keselarasan untuk mobilisasi kerja mirip yang menguntungkan ini.

Apakah Artikel Bermanfaat ??
Beri Rating
5
4
3
2
1

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter